English Version | Bahasa Indonesia
Registration | Login Sunday, November 23, 2014

Hiburan dan Pendidikan di Desa Wisata Kembang Arum

Rumah Joglo dan lokasi permainan tradisional

Rating : 0 ( 0 Voter(s) )

HIBURAN DAN PENDIDIKAN DI DESA WISATA KEMBANG ARUM

Address :

Koordinat GPS :

Share



A. Selayang Pandang

Kabupaten Sleman memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Faktor alam yang didukung dengan keberadaan Gunung Merapi dan lingkungan yang masih alami, asri, dan tradisional merupakan kekayaan pariwisata yang tiada duanya. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sleman berusaha untuk terus mengembangkan potensi tersebut agar bisa bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi masyarakat. Desa wisata adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memaksimalkan potensi di wilayahnya. Salah satu desa yang menjadi andalan di Sleman adalah Desa Wisata Kembang Arum yang diresmikan pada pertengahan tahun 2005.

Ide terbentuknya Desa Wisata Kembang Arum muncul dari pemikiran masyarakat setempat yang bekerjasama dengan Sanggar Lukis Pratista Yogyakarta yang didirikan oleh Hery Kustriatmo. Desa wisata ini didirikan dengan tujuan memberikan tambahan nilai ekonomis bagi daerah tersebut sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, sekaligus memberikan hiburan dan menambah pengetahuan kepada para pengunjung tentang segala potensi yang ada di desa wisata tersebut. Oleh karena itu, desa wisata ini memiliki program-program wisata yang berbasis pendidikan, khususnya bagi anak-anak sekolah.

Pengelola Desa Wisata Kembang Arum terus melakukan pembenahan dengan menonjolkan segala potensi yang dimiliki desa tersebut untuk menarik minat para wisatawan. Pada 2011, desa wisata ini mendirikan beberapa bangunan baru yang bernuansa tradisional, salah satunya adalah Museum Dapur Tradisional. Museum yang dibangun atas gagasan Hery Kustrianto ini memamerkan hampir semua jenis peralatan dapur tradisional tempo dulu.

B. Keistimewaan

Desa Wisata Kembang Arum memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan desa-desa wisata lainnya. Oleh karena itu, desa wisata ini sering ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Sleman dalam berbagai kegiatan lomba, baik tingkat provinsi maupun nasional. Dalam perlombaan tersebut, beberapa kali Desa Wisata Kembang Arum meraih peringkat pertama. Dengan segudang prestasi tersebut, desa wisata ini layak menjadi pilihan destinasi kunjungan Anda untuk mengisi hari-hari libur bersama keluarga, teman sekolah, maupun teman kerja Anda.

Desa Wisata Kembang Arum juga menawarkan beragam program wisata pendidikan, berupa pendopo sanggar lukis, perpustakaan, dan Museum Dapur Tradisional. Bangunan pendopo dan sanggar lukis sengaja dibangun di dekat sungai untuk menambah suasana sejuk dan nyaman bagi pengunjung. Di tepi sungai itu juga terdapat sebuah Rumah Joglo yang dapat digunakan sebagai ruang rapat, diskusi, maupun acara resepsi pernikahan.

Salah satu bangunan yang cukup menarik perhatian pengunjung adalah Museum Dapur Tradisional. Museum ini dibangun untuk memamerkan berbagai peralatan memasak tradisional yang sudah jarang ditemukan di perkotaan. Pengunjung dapat dengan mudah mengenal beragam alat masak tersebut karena pada setiap benda telah diberi label nama dan kegunaannya. Museum ini juga melayani pengunjung yang ingin belajar memasak makanan tradisional, seperti tempe bacem dan sayur lodeh dengan menggunakan tungku dan kayu bakar. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati makanan tradisional tersebut dengan cara makan duduk lesehan.

Desa Wisata Kembang Arum juga menawarkan beragam paket wisata berupa permainan tradisional seperti enggrang, engklek, dakon, gobak sodor, dan sebagainya. Paket wisata lain yang ditawarkan antara lain:

  • Paket creative camp, yaitu belajar memainkan gamelan tradisional, melukis dengan media kertas dan kanvas, belajar membatik, membuat layang-layang, bermain angklung, dan membuat kerajinan janur.
  • Paket wisata outbound dan olahraga tradisional, yaitu balap dinglik, balap egrang, balap bakiak, bambu salak glundong, tarik tambang lumpur, bambu keseimbangan,  bambu pancuran, tampah bola, gebuk bantal di atas air, mencari ikan, sepak bola lumpur, bola basket lumpur, kenthos keseimbangan, bola volly geber, dan flying fox.
  • Paket wisata petulangan, yaitu tracking menyusuri desa wisata dan perkebunan salak, tracking menyusuri sungai, serta motor trail, dan off road ke lerang Gunung Merapi.
  • Paket wisata pertunjukan dan hiburan, yaitu wayang kulit pentilan, wayang kulit semalam suntuk, jathilan dan tarian rampak buto, karawitan atau cokekan, jathilan kelinthing (jathilan anak-anak), organ tunggal, campur sari, musik akustik, dan musik band (jazz, blues, reggae).
  • Paket wisata pertanian, yaitu membajak sawah dengan kerbau, nutu (menumbuk) padi, dan menanam padi.
  • Paket wisata perkebunan, yaitu menanam salak, singkong, dan jagung.
  • Paket wisata peternakan, yaitu memberi makan kambing.
  • Paket wisata permukiman tradisional, yaitu Griya Sekar Arum, Joglo Sempor Sungai, Penginapan Gubug Pereng, Gubug Pereng bawah, Griya Arum Sari, dan Rumah Joglo.
  • Wisata pengambil foto untuk prewedding dan film.
  • Paket wisata aneka kuliner tradisional, jajanan pasar, dan minuman tradisional.
  • Paket pijit di pinggir sungai.

C. Lokasi

Desa Wisata Kembang Arum terletak di Kelurahan Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

D. Akses

Desa Wisata Kembang Arum dapat diakses dengan menggunakan angkutan umum jurusan Jogja-Tempel dari Terminal Giwangan atau Terminal Jombor dengan, kemudian turun di Pasar Sleman, selanjutnya naik angkutan umum jalur D4.

E. Harga Tiket

Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk ke kawasan desa wisata ini. Biaya baru dikenakan apabila pengunjung menggunakan fasilitas maupun paket wisata yang tersedia dengan mulai tarif Rp. 5.000,00 hingga jutaan rupiah.

F. Akomodasi dan Fasilitas

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di kawasan desa wisata ini, antara lain homestay, penginapan, rumah makan, perpustakaan, tempat parkir, sanggar lukis, musala, mobil untuk jelajah alam, dan sebagainya.

 

Teks: Samsuni

Sumber foto:

  •  http://desawisatasleman.wordpress.com/desa-wisata-kembangarum/
  • http://penelitianpublicrelation.blogspot.com/2012/04/proposal-desa-wisata.html
  • http://world-spy.blogspot.com/2011/06/museum-dapur-tradisional-dari.html

(Data primer dan berbagai sumber)



Read : 1623 time(s).

If you are from outside Yogyakarta and want to visit this place by travel agency services,
please contact:

Maharatu Tour and Travel

Jl. Gambiran No. 85 Yogyakarta 55161 - Indonesia.
Telp. 0274 8373005/ 0274 414233
Email : maharatu@maharatu.com - maharatu257@yahoo.com
Website : www.maharatu.com

Rating :
If you had visited this location, rate and leave a commentary to be noticed by its management and surrounding governmental tourism board.





More tourism object

TOURISM OBJECT

  • Visitor Statistic

           Online: 1.464
     Today: 7.427
     Yesterday : 8.982
     Last week : 70.121
     Last month : 240.331
     Total : 8.481.654
    Since May 20th, 2010